Ribuan Orang Tewas Akibat Gunakan HP Saat Mengemudi

Sedikitnya 3.092 warga Amerika tewas akibat kecelakaan yang terjadi saat mereka mengemudi sambil menelepon atau berkirim SMS dengan handphone (HP). Data ini terungkap dari hasil survey yang dilakukan Lembaga Keselamatan Jalan Raya Nasional (NHTSA) Amerika Serikat pada 2010 lalu,

Seperti dilansir USA Today, Senin 12 September 2011, data ini didapat berdasarkan fakta bahwa dari 11 orang yang tewas di jalanan Amerika pada 2010, satu di antaranya akibat menggunakan ponsel saat mengemudi. Bahkan dari survey ini juga terungkap kalau tingkat penggunaan ponsel saat mengemudi di Amerika sangat tinggi karena tiga per empat responden mengaku, mereka bersedia menjawab telepon yang berdering meski sedang mengendarai mobil atau motor.

Namun demikian, tingginya penggunaan ponsel saat mengemudi ternyata juga menimbulkan keresahan karena sebagian responden yang lain mengaku, mereka merasa tidak aman dan nyaman jika menumpang sebuah mobil, taksi atau bus yang pengemudinya membaca SMS atau menelepon dengan ponsel.

Dari survey yang dilakukan NHTSA juga diketahui, hingga tahun lalu penyumbang terbesar kecelakaan lalu lintas di jalan-jalan Amerika masih disebabkan oleh pengendara yang mabuk. Pada 2010, sebanyak 10.228 orang meregang nyawa di jalanan karena pengaruh berat alkohol.

NHTSA menyebut, total seluruh perjalanan pengemudi di Amerika diperkirakan menyentuh angka 46 miliar mil atau sekitar 74 miliar kilometer, naik 1,6 persen dibanding 2009.

Dengan kombinasi angka kematian yang lebih sedikit dengan jarak perjalanan yang lebih panjang pada 2010, maka persentase kematian di jalan adalah 1,1 kematian per 100 juta kilometer, turun dari 1,15 pada 2009.

0 komentar:

Posting Komentar