Ampirsu Gelar Seminar Pengelolaan Sampah Jadi Peluang Usaha

Medan, (Analisa). Aliansi Masyarakat Peduli Indonesia Raya (Ampir) Sumut menggelar seminar bertemakan "Mengelola Permasalahan Sampah Menjadi Peluang Usaha" bagi masyarakat di aula kantor Kelurahan Sidorejo Hilir. Dalam kegiatan itu juga diisi dengan tatacara membuat kompos.
Menurut Direktur Ampirsu Ridhoi Situmorang S.Sos, kegiatan yang diselenggarakan Selasa kemarin berdasarkan keprihatian dan kekhawatiran atas permasalahan sampah selama ini.

Padahal ditelisik, dalam barang kotor tersebut tersimpan nilai dan peluang bisnis .Sehingga ada mata rantai bisnis akan tercipta apabila sampah dikelola dengan pendekatan -pendekatan ekonomi.

Diantaranya juga terdapat aspek terbukanya lapangan kerja dari pengumpulan sampah, pengolahan pemanfaatan serta pemasaran hasil olahan sampah tersebut.

"Pada dasarnya tujuan kami mengatasi masalah sampah sebagai kegiatan usaha alternatif, dalam rangka peningkatan pendapatan masyarakat,"kata Ridho.

Seminar yang menghadirkan narasumber dari Cikal USU Lagut Sutandra itu juga memaparkan bahwa, untuk peluang bisnis masyarakat harus berani mengambil resiko. Termasuk didalamnya menjadikan sampah sebagai sumber penghasilan yang penuh kreasi inovatif.

Pada kesempatan itu, Kelompok Tani Anggrek yang dipimpin Dini Afriyani kepada para peserta seminar mempraktekkan tentang cara pembuatan pupuk kompos.

Sementara itu Corporate Affairs Manager Norther Sumatera CCAI Ahmad Nasoha S.Sos yang turut berpartisipasi dalam kerjasama seminar ini menyatakan, upaya pemanfaatan sampah seperti botol atau kaleng bekas menjadi bernilai telah dibuktikan, ketika beberapa waktu lalu pihaknya memberikan kesempatan kepada anak Panti Asuhan Bani Adam untuk merangkai botol bekas menjadi bunga dan mainan anak-anak yang bernilai tinggi.

Terkait usaha pengelolaan sampah, pihaknya siap membantu penampungan pupuk kompos yang dihasilkan para ibu rumah tangga. (maa)

sumber media

0 komentar:

Posting Komentar