4 Wanita Pencipta Skandal Heboh di 2011

Sepanjang 2011 banyak skandal terjadi, baik berupa kriminal murni maupun whiter colar crime. Pelakunya pun bukan hanya pria, tapi juga wanita. Dan hebohnya, mereka terlibat kasus-kasus besar yang tak henti-hentinya di-running para jurnalis dan menjadi perhatian publik secara luas. Ini lah empat wanita yang pada 2011 menjadi The News Makers, versi Sang Pemburu Berita.

1. Angelina Sondakh


Putri Indonesia 2011 ini tiga kali menciptakan berita heboh yang disorot media dan menjadi perhatian publik secara luas. Pertama, ketika suaminya, Adjie Massaid, meninggal pada 5 Februari 2011. Kematian Adjie yang mendadak tak hanya membuat Angie, panggilan akrab Angelina Sondakh, syok dan menangis tiada henti, tapi juga mengejutkan masyarakat Indonesia karena Adjie bukan hanya seorang aktor dan model, tapi juga anggota DPR RI seperti Angie.

Kedua, ketika namanya disebut-sebut terdakwa kasus suap pembangunan Wisma Atlet Jakabaring, Palembang, Muhammad Nazaruddin, saat sang terdakwa buron pada akhir Juni hingga ditangkap di Bogota, Kolombia, pada Agustus 2011. Menurut Nazaruddin, Angie terlibat kasusnya ini. Juga Ketua Umum Partai Demokrat Annas Urbaningrum, Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Malarangeng, dan beberapa orang lainnya.

Ketiga, kala hubungannya dengan Kombes Pol. Raden Brotoseno, salah seorang penyidik di KPK, terbongkar pada Desember 2011. Skandal ini menggegerkan karena KPK lah yang menangani kasus suap pembangunan Wisma Atlet, sehingga Angie sempat dituding sedang berupaya melepaskan diri dari jeratan hukum dengan memacari si penyidik, namun Angie membantahnya.

Sayangnya, apapun alasan Angie, sang pacar dianggap telah melanggar kode etik karena terlibat asmara dengan orang yang terlibat kasus yang ditangani KPK, sehingga sang pacar dipulangkan kepada kesatuannya; Polri.


2. Nunun Nurbaeti


Istri anggota DPR RI yang juga mantan Wakapolri Adang Daradjatun ini dibekuk pada 7 Desember 2011 di rumah mewah yang dikontraknya di Bangkok, Thailand. Nunun minggat sejak 23 Februari 2010, ketika kasus yang membelitkan, kasus suap pemilihan deputi gubernur senior Bank Indonesia (DGS BI), baru diungkap KPK dan dia masih berstatus saksi. Wanita pengusaha ini kabur dengan pesawat Lufthansa LH 0779 tujuan Frankfurt, Jerman, pada 23 Februari 2010 pukul 19.06 WIB dengan alasan ingin berobat karena menderita sakit lupa.

Namun meski terbang ke Jerman, ia kemudian dikabarkan berada di Thailand, Singapura, Vietnam, Kamboja, dan Laos, hingga akhirnya ditangkap di Bangkok, Thailand.


3. Malinda Dee


Ini lah wanita koruptor paling hebat yang kelakuannya terbongkar pada Maret 2011. Dengan posisinya sebagai manajer Citibank, wanita 47 tahun ini memindahbukukan rekening sejumlah nasabah bank itu ke rekening pribadinya hingga mencapai Rp17 miliar. Kelakuan wanita cantik ini terbongkar akibat gaya hidupnya yang begitu mewah dan dandanan yang selalu menor. Dari hasil penggelapan uang nasabah Citibank, Malinda Dee mampu mengoleksi sejumlah mobil mewah. Di antaranya satu unit mobil Hummer putih bernomor polisi B 18 DIK. Hingga tutup tahun 2011, Malinda belum divonis karena masih menjalani pengobatan akibat kanker payudara yang diidapnya.


4. Mindo Rosalina Manulang


Direktur PT Anak Negeri ini dibekuk KPK pada pertengahan April 2011 di kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga dengan barang bukti tiga lembar cek senilai Rp3,2 miliar. Cek itu diduga kuat untuk merupakan success fee untuk proyek pembangunan Wisma Atlet Jakabaring, Palembang, dari PT Duta Graha Indah (DGI) untuk Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Wafid Muharam. Wafid dan Direktur PT DGI Muhammad El Idris ditangkap pada saat yang sama dengan saat ditangkapnya Rosa. Pada 25 September 2011, Pengadilan Tipikor memvonis ibu dua anak ini dengan hukuman 2,5 tahun penjara.

0 komentar:

Posting Komentar