Terapi Musik Ampuh Kurangi Nyeri Akibat Operasi

Anda takut menjalani operasi karena membayangkan tubuh Anda dibedah dan rasa sakitnya yang luar biasa? Tak usah khawatir, dokter pasti memberikan penawarnya. Namun demikian, coba lah trik berikut yang ternyata sangat ampuh.


Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan Journal of Pain, "terapi musik" merupakan cara termurah, teraman dan terefektif dalam mengatasi rasa nyeri selama dan setelah operasi kecil, karena terapi ini dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan saat operasi maupun sesudahnya.

Dengan mendengarkan musik yang lembut, perhatian pasien akan teralih dari operasi yang dijalani maupun rasa nyeri yang ditimbulkan, kepada musik tersebut. Tak heran jika banyak dokter di sejumlah rumah sakit di Eropa yang menyarankan pasiennya untuk mendengarkan musik selama operasi kecil berlangsung, maupun sesudahnya.

Penelitian para ilmuwan dari University Utah, Amerika Serikat, bahkan menemukan bahwa pasien yang mendengarkan musik cenderung terfokus pada melodi dari musik yang mereka dengarkan, dan terlihat lebih lega dengan beban rasa nyeri yang sedikit semakin berkurang.

"Terapi musik saat adanya operasi kecil maupun pasca operasi, dipercaya ampuh mengusir sedikit nyeri karena memiliki efek analgesik pada pasien," ujar salah satu dari ilmuwan itu.

0 komentar:

Posting Komentar