Samsung Ungguli Apple

Samsung Galaxy S II
Meski pamor Samsung sempat anjlok gara-gara dituding meniru produk Apple, bahkan kasusnya masuk ke ruang pengadilan, namun apresiasi publik terhadap produk Samsung tetap tinggi. Terbukti, berdasarkan survei  YouGov diketahui kalau sejak 8 Desember 2011 lalu popularitas Samsung telah mengungguli Apple.

Menurut survei tersebut, iklan Samsung Galaxy S II yang menyindir antrean iPhone 4S sebagai faktor yang paling memengaruhi popularitas Apple. Iklan itu rilis 22 November hingga 1 Desember.

Salah satu determinasi popularitas Samsung tampaknya dari pertanyaan yang diajukan YouGov, yaitu: "Jika kamu mendengar brand itu dalam dua minggu terakhir, baik melalui iklan, berita, atau ucapan, itu positif atau negatif?" Hasilnya, banyak yang menilai positif.

Popularitas iPhone sendiri mulai menurun sejak akhir November, dengan nilai (buzz score) 33. Saat ini, buzz score Apple tercatat sekitar 25. Sedang di akhir November, Samsung mencatat buzz score 19. Saat ini, buzz score Samsung adalah 26.

Dalam iklan Galaxy S II yang bertajuk "Next Big Thing", Samsung memang menyindir fanboy Apple yang rela antre panjang demi iPhone 4S. Padahal, menurut iklan Samsung itu, iPhone 4S tidak memiliki banyak perubahan. Bahkan iPhone 4S tidak mendukung teknologi 4G, seperti yang dimiliki Galaxy S II.

0 komentar:

Posting Komentar